fungsi seni kuliner

kuliner kuliner kuliner yo
  1. SEBAGAI SUMBER ENERGI
Energi yang tersimpan di dalam makanan adalah energi kimia. Di dalam tubuh, energi kimia tersebut akan mengalami perubahan menjadi energi otot melalui serangkaian reaksi metabolisme. Energi dihasilkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.  Karbohidrat adalah sumber energi utama manusia.


2. SEBAGAI BAHAN PENYUSUN KOMPONEN TUBUH
Tubuh manusia tersusun atas biomolekul-biomolekul, antara lain karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, dan vitamin. Senyawa-senyawa tersebut merupakan penyusun komponen seluler tubuh. Untuk dapat menyusun komponen seluler tubuh, diperlukan sumber energi dari luar tubuh yaitu makanan. Selain itu, komponen-komponen sel yang rusak juga harus diregenerasi. Untuk mengganti maupun membangun sel-sel tubuh, diperlukan makanan yang berasal dari luar tubuh.
3. SEBAGAI PELINDUNG TUBUH TERHADAP LINGKUNGAN YANG BURUK
Zat-zat makanan dapat berfungsi sebagai pelindung tubuh dari lingkungan yang tidak menguntungkan. Lemak digunakan untuk melindungi tubuh dari hawa dingin. Beberapa vitamin berfungsi sebagai senyawa antioksidan, yaitu senyawa yang bekerja menghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk radikal bebas tak reaktif yang relatif stabil. Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif. Mineral kalium dan natrim digunakan untuk menjaga keseimbangan tekanan osmosis sel. Untuk menetralkan senyawa asing (antigen), tubuh membentuk antibodi yang merupakan suatu protein. Protein antibodi ini dibentuk dari asam amino yang berasal dari makanan.
Makanan memang memiliki fungsi krusial bagi tubuh kita. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang dengan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Niscaya tubuh Anda akan sehat dan kuat! :)

0 komentar " fungsi seni kuliner ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar