Istana Di medan beserta kulinernya

Istana Di medan beserta kulinernya
> Istana Maimun merupakan salah satu objek wisata di Medan yang merupakan hasil peninggalan dari jaman penjajahan Belanda dulu. Objek wisata tersebut sangatlah indah dan seni arsitekturnya sangatlah mencirikan sebuah bangunan kuno eropa bak istana.

Objek wisata ini terletak di jl. Brigjend Katamso, Medan.

> Akan sangat sayang, jika anda datang ke Medan tanpa mengunjungi objek wisata satu ini, dengan perpaduan seni artistik yang tinggi dan megah membuat Mesjid Raya kelihatan sangat anggun ditengah-tengah kota Medan. tempat ini biasanya dijadikan tempat Ibadah bagi orang-orang muslim di Medan, akan sangat ramai jika ada hari besar orang muslim.

Mesjid Raya Medan dapat anda jumpai di jl. S.M. Raja , Medan.

> Jakarta ada Taman Ancol, maka Medan ada Taman Ria, yaitu taman hiburan yang terdapat banyak jenis permainan, hanya saja fasilitas Taman Ria tidak selengkap dan secanggih yang ada di Taman Ancol. Jika anda piknik ke Medan membawa keluarga dan anak-anak janganlah lupa mengunjungi tempat hiburan satu ini, pokoknya dijamin seru deh ^_^

Taman Ria ada di jl. Gatot Subroto, Medan

> Jika anda ingin menikmati keindahan taman bunga yang hijau sambil melihat air pancur maka inilah tempatnya. Anda bisa membawa bekal dan menikmatinya bersama keluarga di Taman Air Mancur ini.

Dapat anda temui di jl. Cik Ditiro, Medan

makanan khas:
BIKA AMBON

Makanan khas yang paling populer di Medan adalah Bika Ambon dengan perpaduan harum pandan dan rasa manis membuat kue ini terasa sangat lezat di lidah. Akan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Medan.


RENDANG

Satu lagi makanan lezat di Medan, yang sebenarnya merupakan makanan khas Padang. Rendang di- Medan umumnya digoreng hingga sangat garing sehingga sangatlah gurih bila tercicip oleh lidah, tentu saja akan sangat pedas menginggat warga medan sangatlah doyan makanan-makanan pedas, jadi bagi yang tidak bisa makan makanan pedas siap-siap saja deh pesan air minum segentong.

Kare Ayam

KARE AYAM
Nah, satu lagi makanan pedas "Kare Ayam" biasanya disajikan dengan nasi seperti di gambar tersebut dan bisa juga dicampur langsung dengan Bihun (mie putih) yang dinamai "Kare Bihun". Jika anda pintar memilih restoran, anda bisa mendapatkan Nasi Kare Ayam yang benar-benar lezat dan sebaliknya.

Siomay


SIOMAY

Siomay Medan beda dengan Siomay Jakarta ataupun Jogjakarta. Siomay Medan adalah Dingsum-nya Kota Jakarta dan Solo, bedanya di Medan, saosnya dibuat khusus bukan hanya diambil dari saos eceran. Akan sangat Lezat jika disajikan dalam keadaan masih hangat dan dimakan dengan saosnya. Anda bisa mencicipinya di salah satu restoran Nelayan di Medan.

Tauco Udang


TAUCO UDANG

Chinese food style yang dapat anda temui di Medan, salah satunya adalah "Tauco Udang", sangat digemari warga chinese di Medan. Dengan bumbu tauco dan saos yang berpadu dengan daging udang dan kombinasi sayur-mayur lainnya membuat masakan ini terasa asem + manis + asin terasa saling berpadu, apalagi jika dihidangkan dalam keadaan panas, benar-benar makanan "Budha Delight" deh....

Sengsu


SENGSU

Makanan Khas Batak, lauknya dari daging anjing yang sangat disenangi warga Batak di Medan.

reatoran:
Avia Samudera

Restoran Avia Samudera adalah restoran yang menyajikan aneka macam masakan, berupa makanan eropa seperti steak, spagheti dan sebagainya. jika anda sangat suka dengan daging asap akan sangat pas jika anda menginjakkan kaki ke restoran ini.

Avia Samudera terletak di jl. Bandara Polonia (Polonia AirPort), Medan.



Wong Solo

Restoran Wong Solo terdapat hampir di setiap kota besar di Indonesia. Masakan ala Jawa (Solo) dapat kita jumpai di Restoran ini.

Alamat di jl. Karya Wisata, Medan.



Lembur Kuning

Sea food...sea food.. beraneka ragam jenis masakan sea food dapat kita temui di restoran Lembur Kuning yang beralamat di JL. Polonia, Medan.



Golden Thai

Suka Pedas? maka masakan ala Thailand lah yang akan menjawab goyangan lidah anda. Kunjungi saja Restoran Golden Thai yang ada di jl.Gatot Subroto, Medan.


Adat:
Pada masyarakat suku Batak, siklus kehidupan seseorang dari lahir kemudian dewasa, berketurunan sampai meninggal, melalui beberapa masa dan peristiwa yang dianggap penting. Karenanya pada saat-saat atau peristiwa penting tersebut perlu dilakukan upacara-upacara yang bersifat adat, kepercayaan dan agama. Upacara-upacara tersebut antara lain upacara turun mandi, pemberian nama, potong rambut dan sebagainya pada masa anak-anak, upacara mengasah gigi, upacara perkawinan, upacara kematian dan lain-lain. Di kalangan masyarakat Batak dikenal upacara memberi makan enak kepada orang tua yang sudah lanjut usia tetapi masih sehat, tujuannya untuk memberi semangat hidup agar panjang umur dan tetap sehat. Juga kepada orang tua yang sakit dengan maksud agar dapat sembuh kembali. Upacara ini disebut "sulang-sulang".

Meskipun kini sebagian besar penduduk sudah memeluk agama Islam atau Kristen, tapi kepercayaan lama yang bersifat animistis masih terlihat dalam upacara-upacara yang dilakukan. Misalnya upacara memanggil roh leluhur ke rumah keluarga yang masih hidup dengan perantaraan Sibaso atau dukun wanita. Sibaso nanti akan kemasukan roh, sehingga setiap ucapannya dianggap kata-kata leluhur yang meninggal. Di daerah Batak Toba upacara ini disebut "Sigale-gale".

[ TOP ]

Rumah adat Siwaluh Jabu, rumah adat Batak Karo. Rumah ini bertiang tinggi dan satu rumah biasanya dihuni atas satu keluarga besar yang terdiri dari 4 sampai 8 keluarga Batak. Di dalam rumah tak ada sekatan satu ruangan lepas. Namun pembagian ruangan tetap ada, yakni di batasi oleh garis-garis adat istiadat yang kuat, meski garis itu tak terlihat. Masing-masing ruangan mempunyai nama dan siapa yang harus menempati ruangan tersebut, telah ditentukan pula oleh adat. Urutan ruangan dalam rumah Siwaluh jabu adalah sebagai berikut :

* Jabu bena kayu yaitu ruangan di depan sebelah kiri, didiami oleh pihak marga tanah dan pendiri kampung. Ia merupakan pengulu atau pemimpin rumah tersebut.
Jabu sedapur bena kayu yaitu ruangan berikutnya yang satu dengan jabu bena kayu, juga dinamai Sinenggel-ninggel. Ruang ini didiami oleh pihak Senina yakni saudara-saudaranya yang bertindak sebagai wakil pemimpin rumah tersebut. Sedapat artinya satu dapur, karena setaip 2 ruangan maka di depannya terdapat dapur yang dipakai untuk 2 keluarga.
* Jabu ujung kayu, dinamai Jabu Sungkun Berita, didiami oleh anak Beru Toa, yang bertugas memecahkan setiap masalah yang timbul.
* Jabu sedapur ujung kayu yaitu ruangan sedapur dengan jabu ujung kayu, dinamai Jabu Silengguri. Jabu ini didiami oleh anak beru dari jabu Sungkun Berita.
* Jabu lepan bena kayu, yakni ruangan yang terletak berseberangan dengan jabu bena kayu, dinamai jabu simengaloken didiami oleh Biak Senina.
* Jabu sedapur lepan bena kayu yaitu ruangan yang sedapur dengan jabu lepan bena kayu, didiami oleh Senina Sepemeren atau Separiban.
* Jabu lepan ujung kayu, didiami oleh Kalimbuh yaitu pihak pemberi gadis, ruangan ini disebut Jabu Silayari.
* Jabu sedapur lepan ujung kayu yaitu ruangan yang sedapur dengan jabu lepan ujung kayu. Ruangan ini didiami oleh Jabu Simalungun minum, didiami oleh Puang Kalimbuh yaitu Kalimbuh dari jabu silayari. Kedudukan Kalimbuh ini cukup dihormati didalam adat.




Suku Batak



Rumah Adat Batak Toba

"Bolon"

Rumah Adat Batak Karo

"Siwaluh Jabu"


Umumnya di setiap rumah adat ini terdapat empat buah dapur yang masing-masing digunakan oleh dua keluarga, yaitu oleh jabu-jabu yang bersebelahan. Tiap dapur terdiri dari lima buah batu yang diletakkan sebagai tungku berbentuk dua segi tiga bertolak belakang. Segi tiga tersebut melambangkan rukuh sitelu atau singkep sitelu yaitu tali pengikat antara tiga kelompok keluarga. Kalimbuhu, senina dan anak beru atau Sebayak.

Dinding rumah dibuat miring, berpintu dan jendela yang terletak di atas balok keliling. Atap rumah berbentuk segitiga dan bertingkat tiga, juga melembangkan rukut-sitelu. Pada setiap puncak dan segitiga-segitiga terdapat kepala kerbau yang melambangkan kesejahteraan bagi keluarga yang mendiaminya. Pinggiran atap sekeliling rumah di semua arah sama, menggambarkan bahwa penghuni rumah mempunyai perasaan senasib sepenanggungan. Bagian atap yang berbentuk segitiga terbuat dari anyaman bambu disebut lambe-lambe. Biasanya pada lambe-lambe dilukiskan lambang pembuat dari sifat pemilik rumah tersebut, dengan warna tradisional merah, putih dan hitam. Hiasan lainnya adalah pada kusen pintu masuk. Biasanya dihiasi dengan ukiran telur dan panah. Tali-tali penginkat dinding yang miring disebut tali ret-ret, terbuat dari ijuk atau rotan. Tali pengikat ini membentuk pola seperti cicak yang mempunyai 2 kepala saling bertolak belakang, maksudnya ialah cicak dikiaskan sebagai penjaga rumah, dan 2 kepala saling bertolak belakang melambangkan semua penghuni rumah mempunyai peranan yang sama dan saling menghormati.

Rumah adat Siwaluh jabu yang selalu bertangga dengan jumlah anak tangga ganjil, dihuni oleh keluarga di mana anak-anak tidur dengan orang tuanya sampai berumur 14 tahun. Bagi anak laki-laki dewasa atau bujangan tidur di tempat lain yang disebut Jambur, begitu pula tamu laki-laki. Jambur sebenarnya lumbung padi yang dipergunakan untuk tidur, bermusyawarah dan istirahat para perempuan dan laki-laki.

Rumah adat Batak Toba yang disebut Rumah Bolon, berbentuk empat persegi panjang dan kadang-kadang dihuni oleh 5 sampai 6 keluarga batih. Untuk memasuki rumah harus menaiki tangga yang terletak di tengah-tengah rumah, dengan jumlah anak tangga yang ganjil. Bila orang hendak masuk rumah Batak Toba harus menundukkan kepala agar tidak terbentur pada balok yang melintang, hal ini diartikan tamu harus menghormati si pemilik rumah. Lantai rumah kadang-kadang sampai 1,75 meter di atas tanah, dan bagian bawah dipergunakan untuk ka

0 komentar " Istana Di medan beserta kulinernya ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar