Tempat Wisata Menarik di Solo Jawa Tengah | wisata kuliner solo


Tempat Wisata Menarik di Solo Jawa Tengah

yang di deket kota wisata kuliner solo
- Bale Kambang
- Taman Jurug
- Benteng Trade Center/Pusat Grosir Solo
- keliling Solo dengan bus tingkat Werkudara tiket @20 ribu terakhir yang aku tau
- naik kereta uap lewat jalan Slamet Riyadi di tengah kota persis tiket @100 ribu
- keliling Solo pakai kereta kecana kalo gak salah 600 ribu
- Kampung Batik Laweyan
wisata kuliner solo

nambahin yang atas, tp kalo tawangmangu musti naik bus dulu ke arah Karanganyar sementara kalo ke sangiran musti naik bus ke arah Sragen

SOLO hmmm mendengar namanya saja langsung terbesit dengan banyak keunikan dan ciri khasnyaâ¦Solo memiliki semboyan âBerseriâ, akronim dari âBersih, Sehat, Rapi, dan Indahâ, sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Keadaan solo yang memang terlihat bersih di sepanjang jalan bias dilihat kebersihan. Dari keadaan seperti itu memberikan kesan bahwa penduduk solo sangat peduli degan kesehatan, kerapian dan keindahan.

Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Solo mengambil slogan pariwisata Solo, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa) sebagai upaya pencitraan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa. Selain itu solo sebagai kota spiritualnya orang jawa. Maksudnya di sini, orang solo mempunyai nilai kepercayaan yang tinggi dengan adat jawanya.

Selain itu Kota Solo, wisata kuliner solo juga memiliki beberapa julukan, antara lain Kota Batik, Kota Budaya, Kota Liwet. Meski ada cuplikan laguâ kota batik di Pekalongan, bukan Solo eh bukan Jogjaâ, ini tidak menjadi masalah karena dewasa ini Solo juga terkenal dengan kota batik atau lebih dikenal dengan sebutan âbatik Soloâ. Solo kota budaya, untuk yang satu ini ada banyak tempat yang dijadikan wisata budaya. Misalnya, Keraton Surakarta, Istana Mangkunagaran, Museum Radyapustaka, Museum Galeri Batik Kuno Danarhadi, Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Kampung Wisata Batik Laweyan, Candi Prambanan Klaten, Balai Sujatmoko toko Gramedia (tempat even pameran kesenian), Galeri ASDI, Jl. Slamet Riyadi, Taman Sriwedari, Taman Budaya Jateng di Surakarta (TBS)/ Teater Arena, Pasar Barang antik Triwindu, Pasar Iwak Hias (pasar gedhe), Pasar Klewer (Pasar Batik terbesar di Indonesia), Pasar Legi dan masih banyak lagi. Selain itu, solo juga terkenal dengan salah satu makanan khasnya yaitu nasi liwet. Makanan yang murah meriah dan dapat mengenyangkan biasanya dikonsumsi untuk sarapa pagi. Di mana makanan ini terdiri dari nasi, suwiran ayam,sedikit sayur kuah, telur dan sebagainya. Karena salah satu makanan ini yang membuat Solo terkenal dengan Kota Liwet.

Penduduk Solo disebut sebagai wong Solo yang mempunyai arti orang Solo. Dan istilah putri Solo juga banyak digunakan untuk menyebut wanita yang memiliki karakteristik mirip wanita dari Solo. Di mana karakteristik dari putri Solo terkenal dengan tutur katanya yang lemah lembut, sopan dan mempunyai karisma tersendiri yang mencerminkan wanita itu benar-benar asli dari Solo. wisata kuliner solo Penduduknya ramah-ramah. Satu yang ku suka dari Jawa Tengah khususnya Solo, mereka sangat ramah misalnya saja kita bedakan antara orang kota dengan orang desa, penduduk di kota rata-rata jika ditanyakan alamat mereka biasanya menjawab tidak tahu dan terkesan acuh, beda dengan orang Solo benar-benar memberi tahu sampai jelas bahkan ada pengalaman diantar sampai ke alamat yang dituju langsung.

Wisata kulinernya beragam yaitu Solo mempunyai tempat makan yang enak dan murah dan makanan ini biasanya identik dengan rasa manis, bahkan kota ini sudah mendapat sebutan kota kuliner. Aneka makanan baik yang modern maupun tradisional tersedia di kota Solo.Dapat ditemukan tempat makan yang enak dan murah di depan Pusat Grosir Solo pada sore hari yaitu GALABO kepanjangan dari Gladak Langen Bogan Solo. Tempat ini memang dirancang untuk wisata kuliner. Tempat lain di Keprabon untuk Nasi liwet dan Dekat lapangan Kota barat untuk aneka masakan. Kemudian pada siang hari ada Tengkleng di daerah Pasar Klewer, Srabi Notosuman dan juga rotinya yaitu Roti Kecik.

Solo mempunyai fasilitas kota juga seperti : wisata kuliner solo

Belanja Grosir Pakaian Pasar Klewer Solo . Berbagai pilihan jenis pakaian yang digrosirkan di sana.Citywalk Slamet Riyadi. Citywalk Kampung batik Laweyan. Citywalk Pasar Kliwon. Urban Forest. Free Hotspot di setiap kelurahan dan sepanjang Citywalk Slamet Riyadi. Ada yang menarik di Solo yaitu setiap hari minggu pagi ada salah satu kegiatan rutin yaitu SOLO CAR FREE DAY ini dilaksanakan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, yaitu hari bebas dengan kendaraan bermotor.
wisata kuliner solo Banyak pengunjung juga yang lebih memilih dengan jalan kaki karena kegiatan ini juga bertujuan untuk olahraga pagi bagi pengunjung yang memang berniat untuk olahraga. Selain itu ada banyak kuliner yang bisa dinikmati di sana, sehingga tidak sedikit pengunjung yang datang yang memang diniatkan untuk mecuci mata dan refreshing sekaligus menikmati kuliner makanan ringan di pagi hari.

0 komentar " Tempat Wisata Menarik di Solo Jawa Tengah | wisata kuliner solo ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar